WeCreativez WhatsApp Support
Layanan pelanggan kami siap membantu anda. Tanyakan kepada kami apa yang anda butuhkan. Kontak via Whatsapp di nomor +6285210003319
Selamat datang di website MPS Certification

Apa Itu ISO?

 In News

Internasional untuk Standardisasi (International Organization for Standardization) atau biasa disebut ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.
Sebelum lembaga tersebut bernama IOS tetapi sekarang lebih sering menggunakan singkatan ISO, karena dalam bahasa Yunani isos berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi.

Lembaga ISO didirikan pada 23 Februari 1947, Lembaga ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. Awal dibentuk lembaga ISOuntuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Standarisasi internasional dibentuk untuk berbagai teknologi yang mencakup berbagai bidang, antara lain bidang informasi dan telekomunikasi, tekstil, pengemasan, distribusi barang, pembangkit energi dan pemanfaatannya, pembuatan kapal, perbankan dan jasa keuangan, dan masih banyak lagi. Hal ini akan terus berkembang untuk kepentingan berbagai sektor kegiatan industri pada masa-masa yang akan datang.Standar yang sudah kita kenal antara lain standar kartu ATM Bank, ukuran kartu telepon, jenis film fotografi, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya.

Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk bersama-sama membahas standarisasi dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).
Meski ISO adalah organisasi non-pemerintah (Non-Government Organization/NGO), kemampuannya untuk menetapkan standar yang sering menjadi hukum melalui persetujuan atau standar nasional membuatnya lebih berpengaruh daripada kebanyakan organisasi non-pemerintah lainnya.

Dengan adanya standar-standar yang belum diharmonisasikan terhadap teknologi yang sama dari beberapa negara atau wilayah yang berbeda, kiranya dapat berakibat timbulnya semacam “technical barriers to trade (TBT)” atau “hambatan teknis perdagangan”. Industri-industri pengekspor telah lama merasakan perlunya persetujuan terhadap standar dunia yang dapat membantu mengatasi hambatan-hambatan tersebut dalam proses perdagangan internasional. Dari timbulnya permasalahan inilah awalnya organisasi ISO didirikan.

Dalam prakteknya ISO menjadi konsorsium dengan hubungan yang kuat dengan pihak-pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.

Penerapan ISO di suatu perusahaan berguna untuk:

  1. Meningkatkan citra perusahaan;
  2. Meningkatkan efisiensi kegiatan;
  3. Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan/plan, pelaksanaan/do, pengukuran/check dan tindakan perbaikan/act (PDCA);
  4. Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan;
  5. Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan;
  6. Mengurangi risiko usaha;
  7. Meningkatkan daya saing;
  8. Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan;
  9. Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal.

 

Apa Itu ISO?
Rate this post

Recent Posts

Start typing and press Enter to search

id_ID
en_US id_ID